Rahman Rahman Author
Title: Memelihara aquarium
Author: Rahman
Rating 5 of 5 Des:
CARA MEMBERSIHKAN AQUARIUM Halo sahabat pembaca setia blog DARAMONA.TK, khususnya bagi yang hobi memelihara ikan hias dalam aquarium...

CARA MEMBERSIHKAN AQUARIUM

Halo sahabat pembaca setia blog DARAMONA.TK, khususnya bagi yang hobi memelihara ikan hias dalam aquarium kali ini saya share tentang bagaimana cara membersihkan aquarium tanpa keluar biaya lumayan kan?.......... Nah gimana caranya, yuk kita simak tipsnya berikut ini.

CARA MEMBERSIHKAN AQUARIUM TANPA MENGELUARKAN BIAYA

Ada beberapa bahan kimia yang dapat digunakan untuk membersihkan aquarium, namun bukan berarti Anda harus membelinya, salah satunya adalah Accuclear yaitu suatu agen penggumpal, yang membuat partikel kecil berkumpul dan melekat bersama-sama sampai menjadi cukup besar sehingga dapat tertangkap oleh saringan.

NB: Pastikan Anda membersihkan saringan aquarium sesudah menggunakannya, karena bahan tersebut akhirnya akan memecah dan melepaskan kembali bahan-bahan buangan tersebut kedalam aquarium.

Jika Anda harus menggunakan accuclear untuk memelihara kebersihan air aquarium Anda, ada hal-hal lain yang perlu dilakukan, yaitu :

1. Mengganti air aquarium
Penggantian 25% air aquarium setiap minggu merupakan upaya terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ikan dan kejernihan aquarium Anda.
2. Menyesuaikan temperatur air.
Mungkin cara termudah untuk menyesuaikan temperatur air adalah dengan menyimpan seember penuh air dalam sebuah ruangan. Langkah ini akan memungkinkan air memiliki temperatur kamar sehingga dapat memelihara qualitas aquarium.
Jangan mengganti terlalu banyak air sekaligus, karena dapat menimbulkan stres dan kaget pada ikan. Bagaimanapun juga, ingatlah bahwa ikan dikehidupan alam bebas mengalami perubahan temperatur disekitarna paling tidak beberapa derajat selama sehari.
Dalam melakukan penggantian air, barangkali yang terbaikn adalah mengisi ember dengan air dari keran air dingin. Saluran air panas di rumah Anda, jika ada, akan melalui suatu garis aliran yang berbeda dari garis aliran air dingin.
Dalam kebanyakan kasus, hal itu mengarah pada terjadinya aquarium air hangat yang dapat menghasilkan kerak air dan deposit mineral. Anda dapat menghangatkan air didalam ember dengan alat pemanas (heater) jika Anda mau.
3. Memberi makan secara teratur.
Satu hal yang salah, dan sangat mudah dilakukan, adalah memberi makan secara berlebihan (overfeedeing). Sejumlah kecil makanan yang diberikan 2 kali sehari atau dalam jumlah normal sekali sehari, itu sudah sangat cukup. Kelebihan memberi makanan akan merusak kualitas air dan menimbulkan masalah kesehatan pada ikan. Perlu diketahui bahwa kelebihan pemberian makanan pada ikan lebih merusak daripada kurang memberi makan, meskipun kurang makan juga tidak baik.
4. Membersihkan kerikil.
Gunakan pembersih kerikil (gravel cleaner) sambil sekaligus melakukan penyedotan air untuk diganti dengan yang baru.
5. Membersihkan saringan (Filter)
Membersihkan saringan yang sudah kotor merupakan bagian penting dalam menjaga kebersihan aquarium. Apapun jenis saringan Anda, anda harus selalu membersihkannya jika sudah tampak kotor.
Bila Anda menggunakan Canister Filter, seperti Fluval Canister Filter, bersihkan selang pada saringan tersebut. Anda dapat menggunakan sikat pembersih botol yang panjang. Jangan lupa bersihkan pula kotak-kotak saringan dan bagian-bagian lainnya.
Demikian, semoga dapat membantu anda ☺
selamat mencoba ++++====++++

About Author

Advertisement

BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Posting Komentar

 
Top